Sunday, August 5, 2018

Sundawenang salawu-Tasikmalaya



Mengenal Sundawenang salawu lebih dekat

1. A. Orientasi Wilayah
Keadaan geografi desa Sundawenang sangat strategis dengan luas wilayah ± 1.915 Ha dan terletak pada ± 610 m dari permukaan laut. Desa Sundawenang terletak di jalan jalur provinsi yang menghubungkan antara Kabupaten Garut dan Kabupaten Taikmalaya dan merupakan salah satu desa yang termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya.
Jarak dari pusat Desa Sundawenang ke ibukota Kecamatan ± 7 km, sedangkan jarak ke ibukota Kabupaten ±15 km dengan jarak tempuh sekitar 20 menit untuk sampai ke ibukota kecamatan dengan menggunakan kendaraan umum seangkan untuk sampai k ibukota kabupaten mencapai ±1jam dengan menggunakan kendaraan umum.
Batas-batas Desa Sundawenang adalah:
Sebelah Utara : Desa Neglasari
Sebelah Timur : Desa Salawu
Sebelah Selatan : Desa Jahiang
Sebelah Barat : Desa Kawungsari
Luas wilayah Desa Sundawenang terdiri dari:
1. Persawahan : 660,675 Ha
2. Daratan : 700 Ha
3. Kolam : 150 Ha
4. Pekarangan : 400 Ha
Iklim Desa Sundawenang:
Curah hujan : 1600 MM
Jumlah bulan hujan : 8 bulan
Suhu rata-rata harian : 31°C
Bentang wilayah : berbukit
1. B. Orientasi Politik/Pemerintahan
1. Aspek Kegiatan Masyarakat/Aktivitas
Seluruh warga desa Sundawenang beragama muslim, oleh karena itu banyak kegiatan yang dilakukan adalah pengajian. Tokoh masyarakatnya pun ialah seorang ketua DKM atau pengurus masjid. Unsur keagamaan sangat kental dalam setiap kegiatan masyarakat yang ada di sini. Hal ini kami simpulkan dari banyaknya perayaan Maulid abi yang diselenggarakan di setiap masjid di dusun desa ini. Selain pengajian, kegiiatan yang dilakukan secara bersamaan adalah “Jumat Bersih”. Kegiatan ini dilakukan untuk membersihkan lingungan desa Sundawenang dari sampah serta menjalin kerjasama dan tali silaturrahmi antar warga. Dalam perencanaan pembangunan, warga desa biasa melakukan “Musyawarah Pembangunan Desa” bersama pihak kecamatan dan tokoh masyarakat di setiap dusun di sini. Di bidang kesehatan, kegiatan yang dilakukan adalah “Posyandu”, yaitu pengecekan rutin sebulan sekali untuk menimbang berat badan balita dan imunisasi.
2. Aspek Kelembagaan/Pranata
Desa sundawenang dipimpin oleh seorang Kepala Desa yang lebih dikenal dengan sebutan “Pak Kuwu”. Pak kuwu ini membawahi lima Kepala Dusun di desa ini serta Sekretaris Desa, Kepala Urusan Pemerintahan, Kepala Urusan Umum, Kepala Urusan Ekonomi Pembangunan, Kepala Urusan Kesejahteraan Rakyat dan Polisi Desa. Di desa Sundawenang juga terdapat tokoh-tokoh masyarakat yang turut andil dalam fungsi meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar, seperti ustadz, ketua DKM serta tetua yang dihormati. Dalam satu kepengurusan, pejabat pemerintah menjabat selama satu tahun dan kemudian dipilih kembali sesuai mekanisme setempat.
PEMETAAN SOSIAL DESA SUNDAWENANG, KECAMATAN SALAWU, KABUPATEN TASIKMALAYA
No. ASPEK DESKRIPSI KONDISI
1 Tata Pemerintahan
- Kelembagaan Struktur pemerintahan desa terdiri atas Badan Perwakilan Desa, Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kepala Urusan Pemerintahan, Kepala Urusan Umum, Kepala Urusan Ekonomi Pembangunan, Kepala Urusan Kesejahteraan Rakyat dan Polisi Desa.
Pemerintah desa
Jumlah aparat: 14 orang
Pendidikan kepala desa: SMA
Pendidikan Kepala Urusan: SMA/MA
Pendidikan Polisi Desa: SD
Pendidikan Amil: SMP
Jumlah dusun: 5 dusun
Jumlah RW: 9 RW
Jumlah RT: 36 RT
Badan Perwakilan Desa
Jumlah anggota: 5 orang
Pendidikan ketua BPD: S1
Organisasi perempuan: PKK, arisan, pengajian
Jumlah anggota: 900 orang
LPM
Jumlah anggota: 5 orang
- Administrasi Desa Adminstrasi di Desa Sundawenang sudah berjalan dengan baik karena desa sudah memiliki barang-barang penunjang administrasi desa, seperti komputer dan printer.
- Sumber Daya Manusia Aparatur Desa Sundawenang cukup berkompeten dalam menjalankan pemerintahan desa, hal tersebut tercermin dalam sikap profesionalitasnya sebagai aparat pemerintah desa yang siap siaga melayani warga desa.
- Kepemimpinan/ Ketokohan Kepemimpinan di desa ini, selain aparatur desa, terdapat beberapa tokoh masyarakat yang juga memegang peranan cukup penting di masyarakat, misalnya tokoh agama.
2 Geologi dan Geografis
- Topografi Secara umum topografi Desa Sundawenang merupakan daerah berbukit dengan luas wilayah ±1.915 ha dan terletak pada ± 610m dari permukaan laut. Selain itu, curah hujan di desa Sundawenang rata-rata 1.600mm dengan jumlah bulan hujan delapan bulan serta suhu rata-rata 31°C.
- Keadaan Tanah Jenis dan kesuburan tanah
Secara umum warna tanah di Desa Sundawenang berwarna coklat serta subur. Oleh karena itu sebagian besar tanah di sini dijadikan lahan pertanian. Namun, beberapa bagian wilayah desa Sundawenang, khususnya dusun Sukasari, memiliki kondisi tanah yang labil dan berpotensi terjadinya bencana.
- Pemanfaatan Lahan 1. Luas dan Batas Wilayah
a) Luas Desa / Kelurahan : 1.915 Ha
b) Batas wilayah
1) Sebelah utara : Desa Neglasari
2) Sebelah selatan : Desa Jahiang
3) Sebelah timur : Desa Salawu
4) Sebelah barat : Desa Kawungsari
1. Kondisi Geografis
a) Ketinggian tanah dari permukaan laut : 610 m dpl
b) Curah hujan :1.600 mm
c) Suhu udara rata-rata : 31° c
1. Luas Wilayah Menurut Penggunaan
a) Luas Persawahan : 660,675 ha
b) Luas Daratan : 700 ha
c) Luas Kolam : 150 ha
d) Luas Pekarangan : 400 ha
- Orbitasi/Aksesibilitas Secara umum akses jalan di desa Sundawenang belum terpelihara dengan baik. Hal tersebut terlihat dari ketidaksamarataan kondisi jalan yang ada. Dimana sebagian besar jalan utama telah disemen, namun ada beberapa bagian yang masih berbatu atau rusak. Di beberapa bagian juga terdapat jalan yang telah di beton, hal tersebut merupakan bantuan dari PNPM Mandiri dan swadaya masyarakat.
Jarak dari pusat Desa Sundawenang ke ibukota Kecamatan ± 7 km, sedangkan jarak ke ibukota Kabupaten ±15 km dengan jarak tempuh sekitar 20 menit untuk sampai ke ibukota kecamatan dengan menggunakan kendaraan umum seangkan untuk sampai k ibukota kabupaten mencapai ±1jam dengan menggunakan kendaraan umum
- Potensi Bencana Kondisi tanah yang labil menyebabkan desa ini rawan terhadap bencana, yaitu tanah longsor. Hal ini pernah terjadi di salah satu dusun, yaitu dusun Sukasari yang mengalami bencana tanah longsor pada tahun 2011.
3 Demografi
- Jumlah Penduduk dan Rasio (L : P) Rasio penduduk laki-laki terhadap wanita adalah
3155 : 2962 dan jumlah penduduk di desa Sundawenang adalah 6.117 orang.
- Kependudukan 1. Jumlah Penduduk Menurut :
a) Jenis Kelamin
1) Laki-laki : 3.155 Orang
2) Perempuan : 2.962 Orang
b) Kepala Keluarga : 1.832 KK
c) Kewarganegaraan :
1) WNI : 6.117 Orang
2) WNA : -
1. Jumlah Penduduk Menurut Usia :
a) Menurut Kelompok Pendidikan
1) Usia 0 – 4 Tahun : 286 Orang
2) Usia 5 – 12 Tahun : 476 Orang
3) Usia 13 – 15 Tahun : 478 Orang
4) Usia 16 – 19 Tahun : 474 Orang
5) Usia 20 – 24 Tahun : 569 Orang
6) Usia 25 – 34 Tahun : 888 Orang
7) Usia 35 – 44 Tahun : 925 Orang
8) Usia 45 – 54 Tahun : 890 Orang
9) Usia 55 – 64 Tahun : 816 Orang
10) Usia > 65 Tahun : 315 Orang
- Ketenagakerjaan Petani, buruh tani, buruh swasta, pegawai negeri, pengrajin, pengusaha industri rumah tangga, wiraswasta, peternak dan lain-lain.
- Tingkat Kesejahteraan Desa Sundawenang memiliki tingkat kesejahteraan yang cukup baik, hal tersebut terlihat dari kemampuan warga desa yang mampu memenuhi kebutuhan hidupnya.
- Kepadatan Jika dilihat dari lingkungan pemukiman, maka desa ini dapat dikatakan cukup padat. Tetapi jika dibandingkan antara luas wilayah desa yang luas dengan jumlah penduduknya, maka desa ini tergolong memiliki kepadatan penduduk yang cukup rendah.
- Pola Pemukiman Pola pemukiman penduduk belum tersebar secara merata. Hal ini dapat dilihat dari pola pemukiman yang sentralisasi. Sentralisasi disini maksudnya rumah warga berada saling berdekatan dalam satu dusun. Tidak ada warga yang memiliki rumah terpisah jauh dengan rumah warga lain dari dusun tempat tinggalnya. Namun, jarak antara satu dusun dengan dusun lainnya cukup jauh, dan jarang terdapat rumah penduduk.
4 Pendidikan
- Tingkat Pendidikan Warga Desa Sundawenang mayoritas menyelesaikan jenjang pendidikan sampai pada tingkat pendidikan Sekolah Dasar. Hal ini disebabkan oleh berbagai macam kendala terutama jarak.
- Sarana/Prasarana Desa Sundawenang memiliki berbagai sarana pendidikan seperti : PAUD/TK, SD/MI, SLTP/MTs, SLTA/MA. Berikut data Lembaga Pendidikan yang ada di Desa Sundawenang :
- PAUD/TK : 10 unit
Jumlah guru: 35 orang
Jumlah murid: 200 orang
- SD/sederajat : 4 unit
Jumlah guru: 32 orang
Jumlah murid: 710 orang
- SLTP/sederajat : 1 unit
Jumlah guru: 16 orang
Jumlah murid: 120 orang
- SLTA/sederajat : 1 unit
Jumlah guru: 16 orang
Jumlah murid: 90 orang
- Lembaga Pendidikan Keagamaan : 2 unit
Jumlah guru: 5 orang
Jumlah murid: 70 orang
- Kendala dalam Meningkatkan Pendidikan Pada dasarnya minat masyarakat Desa Sundawenang terhadap pendidikan dapat dikatakan cukup tinggi. Namun, masalah terdapat di sumber daya tenaga kerja. Tiap sekolah dasar, hanya memiliki enam guru yang tersebar di masing-masing sekolah, untuk sekolah dasar. Tenaga kepala sekolah sudah termasuk ke dalam enam guru tersebut.
5 Ekonomi
- Lembaga Ekonomi/Permodalan Lembaga ekonomi yang ada di Desa Sundawenang adalah
Industri pakaian: 5 unit (26 orang tenaga kerja)
Industri makanan: 4 unit (40 orang tenaga kerja)
Industri rumah tangga: 4 unit (8 orang tenaga kerja)
Warung kelontong: 69 unit
Jasa angkutan: 18 unit (16 orang tenaga kerja)
Usaha peternakan: 2 unit (2 orang tenaga kerja)
Kelompok simpan pinjam: 1 unit (25 orang tenaga kerja)
- Mata Pencaharian Mata pencaharian penduduk Desa Sundawenang, yaitu :
Petani: 464 orang
buruh tani: 719 orang
buruh swasta: 1265 orang
pegawai negeri: 72 orang
perajin: 198 orang
peternak: 127 orang
pengangguran/ tidak bekerja: 150 orang
- Tingkat Pendapatan Sebagian warga desa yang berprofesi sebagai petani telah memiliki kecukupan, tergantung dari hasil tani mereka. Namun, untuk warga Desa Sundawenang bermata pencaharian sebagai buruh tani, maka tingkat pendapatan warga menjadi tidak menentu. Pendapatan setiap orang sebagai buruh tani tergantung kepada masing-masing pemilik sawah. Sementara untuk yang berwirausaha, penghasilan tergantung dari tingkat penjualan. Pada intinya, secara umum, tingkat pendapatan warga desa Sundawenang sudah cukup baik, karena mereka telah mampu memenuhi kebutuhan sandang dan pangan mereka atas usahanya sendiri.
- Kelompok Usaha Terdapat beberapa kelompok usaha di desa ini, yang paling terkenal terdapat di Dusun Sukamenak. Di sana, terdapat industri kecil celana pendek yang telah disebar ke seluruh Indonesia. Tidak hanya dusun Sukamenak, di dusun Ciroyom juga terdapat beberapa industri mebel, pengrajin anyaman dan pengolahan makanan. Industri pengrajin anyaman yang terkenal berada di dusun Pasir Angin.
- Pasar Desa Sundawenang tidak memiliki pasar tersendiri. Unuk berbelanja keperluan sehari-hari, warga biasa membeli pada tukang sayur keliling ataupun di warung terdekat. Pasar terdekat dari desa Sundawenang adalah pasar di Singaparna.
6 Kesehatan
- Kelembagaan Setiap dusun di Desa Sundawenang sudah memiliki posyandu sebagai sarana kesehatan. Selain itu, terdapat pula bidan, puskesmas, dan poskesdes yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat. Kegiatan kesehatanpun sering dilakukan seperti halnya posyandu yang selalu mengadakan kegiatan penimbangan bayi setaip 1 bulan sekali.
- Angka Kesakitan Angka kesakitan di Desa Sundawenang terbilang cukup rendah. Adapun penyakit yang umum diderita oleh masyarakat Desa Sundawenang adalah rematik yang disebabkan oleh faktor usia dan pencaharian.
- Perilaku Hidup Sehat Perilaku hidup sehat di Desa Sundawenang sudah cukup tinggi. Hal ini dapat dilihat dari rutinnya diadakan kegiatan ‘Jumat Bersih’ (Jumsih). Dari data yang kami dapat pada saat melakukan pemetaan, para warga juga sebagian besar telah memiliki kamar mandi dan WC sendiri. Namun, memang masih ada beberapa diantara warga yang masih menggunakan “pacilingan” (sejenis toilet umum yang langsung terhubung pada kolam yang ada di bawahya). Pacilingan terbilang cukup banyak di desa ini dan biasa terletak di sawah. Pengguna pacilingan ini adalah para petani yang sedang menggarap sawahnya.
- Kesehatan Lingkungan Desa Sundawenang sudah memiliki Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang memadai. Namun, di sini tidak terdapat Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Sampah yang ada, hanya dikumpulkan kemudian dibakar.
- Sarana Prasarana Sarana dan prasarana kesehatan di Desa Sundawenang sudah dapat dikatakan baik. Hal ini dilihat dari tersedianya Posyandu pada setiap dusun yang ada di Desa Sundawenang dan satu Puskesmas yang bertindak sebagai pusat layanan kesehatan masyarakat. Tenaga bidan tradisional juga masih terdapat di desa ini. Kekurangan pada bidang kesehatan ditunjukkan oleh ketidaktersedianya tenaga medis di puskesmas. Puskesmas dikelola oleh seorang mantri dan pendampingnya. Tidak ada tenaga dokter ataupun perawat disini, apalagi seorang apoteker.
7 Sosial Budaya
- Kelembagaan Kelembagaan sosial yang ada di Desa Sundawenang antara lain DKM yang terletak di setiap dusun dan telah terorganisir dengan baik. Selain DKM terdapat pula PKK, Majelis ta’lim dan karang taruna yang tersebar di setiap dusun dan dilaksanakan sesuai kebijakan masing-masing.
- Kehidupan Beragama Penduduk Desa Sundawenang mayoritas memeluk agama Islam, maka pengaruh agama Islam di desa ini sangatlah kuat. Hal ini dibuktikan dengan rutinnya pengajian masyarakat, baik mingguan maupun bulanan. Banyak pula perayaan-perayaan yang dilaksanakan dalam kegiatan keagamaan.
- Interaksi Sosial Masyarakat Pada dasarnya penduduk Desa Sundawenang memiliki rasa gotong royong dan kebersamaan yang erat. Interaksi sosial juga berjalan dengan baik. Hal itu dapat dilihat dari warga yang selalu bertegur sapa dengan warga lainnya setiap kali bertemu ataupun sekedar lewat saja. Bahkan sebagai pendatang baru menjadi warga setempat sementara, warga juga tidak segan-segan interaktif berinteraksi dengan kami yang sedang melakukan kegiatan KKNM. Bahasa yang digunakan oleh sebagian besar warga disini untuk berInteraksi sosial dalam kehidupan sehari-hari menggunakan bahasa daerah setempat yaitu bahasa sunda.
- Gotong Royong Rasa gotong royong masyarakat terwujud dalam kegiatan-kegiatan seperti gotong royong untuk kegiatan jumat bersih seminggu sekali, rekonstruksi lahan bencana dan siskamling.
- Sarana Kegamaan Desa Sundawenang memiliki sarana keagamaan berupa masjid sebanyak lima bangunan dan beberapa musholla yang tersebar di setiap dusunnya. Untuk sarana dan prasarana keagamaan sudah dapat dikatakan sangat baik, dilihat dari banyaknya keadaan bangunan yang meskipun sangat sederhana, namun terawat dengan baik.
- Kebudayaan Masyarakat Desa Sundawenang menjunjung tinggi budaya sunda. Hal ini dapat dilihat dari proses komunikasi yang masih menggunakan bahasa sunda halus dalam kehidupan sehari-hari.
8 Potensi
- Potensi Alam Potensi alam Desa Sundawenang adalah pertanian dan perkebunan. Potensi yang mungkin dapat dikembangkan adalah desa ini yang berada di daerah perbukitan dan tampak sangat indah. Hal ini dapat dijadikan daerah wisata untuk menikmati pemandangan sekitar.
- Potensi Manusia Masyarakat disini merupakan petani, buruh tani, peternak, dan beberapa jenis SDM lain.
- Sarana Prasarana Sarana dan prasarana disini sudah cukup lengkap, namun mungkin kendala utama adalah angkutan umum untuk membawa masyarakat ke jalan utama serta jalan menuju lokasi yang belum baik.
9 Prioritas Topik Program
- Program yang Dicanangkan oleh Pemerintah Setempat Perbaikan Jalan Dengan Perkerasan Rabat Beton, Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni, Pelatihan Kelompok SPP<UEP, Bos SD, Bos SMP, Kegiatan Posyandu, Jamkesmas, Peningkatan Giji Balita, Rapat Rutin Desa, Pertemuan PKK, Insentip Aparat Desa, Pertemuan Linmas-MUI-Asosiasi, Kegiatan Karang Taruna
- Program yang Dilaksanakan oleh Sebagian Besar Masyarakat Desa Sundawenang Gotong Royong, Majelis Ta’lim, Pembangunan Pos Kamling dan Pengajian Muslimat
Tags: orientasi, sundawenang, tasikmalaya, wilayah

No comments:

Post a Comment